Ada banyak orang yang masih beranggapan dan berfikir bahwa satu-satunya cara untuk menghasilkan uang adalah dengan bekerja pada orang lain atau perusahaan dan mendapatkan gaji bulanan, sehingga tidak heran banyak dari mereka mulai merencanakan mengambil pendidikan sesuai dengan pekerjaan yang ingin digelutinya.

Tentu saja hal tersebut tidak salah, namun kita harus mampu memperluas paradigma berfikir tentang cara menghasilkan uang, jangan hanya semata berfikir bahwa jalan satu-satunya untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja pada  orang lain.

Karena pada kenyataannya banyak sekali cara yang dapat kita upayakan untuk mencari uang, jika tidak suka atau tidak punya kesempatan untuk bekerja di sebuah perusahaan (negeri atau swasta) atau di orang lain, maka kita sebenarnya bisa menciptakan dunia bisnis sendiri, dengan cara membangun usaha sendiri dan menghasilkan uang sendiri.

Cara menghasilkan uang dari internet


Untuk berbisnis tentu tidaklah mudah karena banyak sekali faktor-faktor yang harus dipikirkan, dari mulai ide bisnis, riset pasar, modal dan lain sebagainya, yang jelas sangat tergantung sekali dari jenis bisnis yang ingin digeluti.

Tapi jika anda sulit untuk memulai bisnis offline karena terkendala modal dan lain sebagainya, sementara anda tetap ingin mampu menghasilkan uang sendiri, maka salah satu cara yang bisa anda tempuh adalah dengan memanfaatkan internet.

Ya benar, saat ini internet bukan hanya semata digunakan untuk mencari informasi semata, tapi bisa kita gunakan sebagai ladang untuk menghasilkan uang yang cukup menjanjikan, bisnis di dunia internet ini memang memiliki prosfek yang baik.

Selain bisa dilakukan di rumah, bisnis internet juga bisa dilakukan oleh siapapun apapun latar belakang pendidikannya dan tanpa harus memiliki modal besar, modal utamanya adalah bisa menulis dan membaca juga memiliki komputer yang sudah terkoneksi ke internet, jika ke  3 modal tersebut sudah anda miliki, maka siapapun anda walaun seorang pemula sekalipun bisa mengupayakan untuk menghasilkan uang dari internet.

Cara Menghasilkan uang dari internet tanpa perlu modal besar dan bisa dilakukan di rumah

Sebenarnya ada banyak sekali macam cara menghasilkan uang secara online dari internet, namun apa yang akan saya uraikan tentu saja cara mengahasilakan uang yang tidak perlu modal besar dan bisa dilakukan oleh siapapun walaupun oleh seorang pemula sekalipun.

Walaupun nyaris tanpa modal dan bisa dilakukan oleh pemula, namun tentu saja bukan tanpa kerja keras, perlu kerja keras, belajar dan harus memiliki mental pantang menyerah.

Jika itu bisa anda pertahankan secara konsisiten maka bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat banyak, dari puluhan juta sampai dengan ratusan juta rupiah.

Lantas  cara Apa saja untuk menghasilkan uang dari internet ?

Berikut adalah beberapa cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal dan bisa dilakukan di rumah oleh siapapun anda, baik ibu rumah tangga, pelajar sd, smp, sma maupun mahasiswa.

1. Menjadi publisher google adsense

Anda mungkin salah satu orang yang baru mendengar pertama kali mengenai publisher google adsense, apa itu publisher google adsense ?

Publisher adalah orang yang mempublikasikan, sedangkan google adsense adalah jaringan periklanan milik perusahaan google. jadi publihser google adsense itu adalah orang bekerja sama dengan jaringan periklanan google yang bertugas untuk mempublikasikan iklan para pemasang iklan yang dikelola google agar sampai kepada konsumen atau target pasar yang tepat.

Ada 3 jenis cara menayangkan iklan dari google adsense, yaitu melalui blog, melalui video dan melalui aplikasi android, yang cukup mudah dan bisa anda upayakan adalah menjadi publisher iklan google adsense untuk blog dan untuk video youtube.

a. Iklan google adsense untuk blog
Untuk menjadi publisher iklan adsense ini, anda harus memiliki blog, baik blogspot maupun blog dengan domain pribadi, besar kecilnya penghasilan dari google adsense yang bisa anda dapatkan akan sangat tergantung sekali dengan jumlah visitor atau pengunjung blog anda.

Anda akan mendapatkan komisi atau penghasilan, ketika iklan yang ditempel di blog anda mendapatkan klik dari pengunjung blog anda.

Google adsense paling diminati di seluruh dunia karena mampu membayar para publishernya dengan harga yang mahal, bahakan banyak publihser dalam negeri maupun luar negeri sudah mampu mendapatkan puluhan hingga ratusan juta rupiah dari google adsense secara mandiri.

b. Iklan google adsense untuk video
Selain iklan google adsesne untuk blog, ada juga iklan google adsense untuk video youtube, untuk menjadi publisher iklan google adsense for video, anda harus memiliki chanel youtube, mengupload video unik buatan anda sendiri di situs youtube.

Jika video anda sudah banyak, dan chanel anda sudah memiliki minimal 1000 subcriber (pelanggan) dan 1000.000 view (sudah ditonton sebanyak satu juta kali) dalam satu tahun, maka anda sudah bisa memonitisasi chanel youtube anda melalui kerjasama dengan google adsense.

Vidio yang sudah dimonetiasi akan menayangkan iklan dari google ketika video diputar, anda akan mendapatkan komisi atau penghasilan ketika iklan dilihat dan atau diklik oleh pemirsa video youtube anda.

Yang unik dari bisnis ini adalah, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik anda ibu rumah tangga maupun pelajar dan bisa dilakukan di rumah hanya cukup bermodalkan koneksi internet saja.

2. Berjualan Online

Cara menghasilkan uang dari internet yang kedua adalah dengan cara berjualan online, dengan kehadiran media sosial dan juga menjamurnya situs-situs market place seperti tokopedia, bukalapak, shopiee dan market place yang lainnya, untuk jualan online tidak harus memiliki website sendiri, tetapi bisa melalui media tersebut.

Anda bisa melakukan promosi dan berjualan langsung di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya, anda juga bisa membuat toko online secara gratis di situs-situs marketplace terkenal saat ini, seperti bukalpak.com, tokopedia.com, shopiee.com, olx.com dan marketplace lainnya.

Bagaimana jika saya tidak punya punya modal ?
Mungkin beberapa orang yang tertarik ingin berjualan online berpendapat bahwa untuk berjualan online harus memiliki modal terlebih dahulu, padahal itu tidak sepenuhnya benar, salah satu cara yang bisa anda tempuh jika tidak punya modal, maka anda masih bisa berjualan online dengan menjadi dropshipper.

Artinya anda menjual barang milik orang lain yang punya stock barang dengan harga jual sesuai kesepakatan, ketika ada pembeli melalui anda, maka barang akan dikirim ke alamat pembeli atas nama anda.

Bisnis dropshipper merupakan salah satu bisnis nyaris tanpa modal, walaupun banyak memiliki kelebihan, bisnis ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah anda tidak bisa mengontrol stock barang, apakah barang ada atau habis.

Jika anda tertarik dengan model bisnis ini, maka tugas anda adalah mencari agen dropship terpercaya, memasarkan produk mereka dan anda pun akan mendapatkan keuntungan.

3. Menjadi affiliate marketer

Model bisnis affiliate marketer merupakan salah satu model bisnis yang cukup banyak diminati di dunia internet.

Cara kerja Bisnis ini boleh dibilang seperti makelar online, artinya anda menawarkan sebuah produk atau jasa milik situs tertentu ke orang lain, jika produk atau jasa berhasil terjual, maka anda mendapatkan persentase komisi dari harga jual.

Tugas utamanya adalah mengirim visitor atau pengunjung sebanyak-banyaknya ke situs merchant/toko online.

Jika pengunjung melakukan transaksi pembelian di situs toko online yang anda promosikan, merhcant akan tau bahwa pengunjung tersebut datang melalui promosi anda, dan dari adanya transaksi yang dilakukan pengunjung anda akan medapatkan komisi.

Untuk menjadi affiliate marketer anda harus mampu mencari situs-situs yang membuka kerjasama dropship terpercaya, melakukan kerjasama dan mempromosikan produk baik barang atau jasa yang dimiliki si merchant, bisa melalui iklan berbayar atau melalui blog.

Beberapa situs yang menyediakan kerjasama affiliasi diantaranya adalah:

  • a. pegipegi.com, kerjasama untuk mempromosikan hotel, tiket pesawat, kereta dll
  • b. amazon, membuka kerjasama mempromosikan produk / barang.
  • c. lazada, bhineka dll.



Bagaimana saya harus memulai ?
Menghasilkan uang dari internet, tentu tidak bisa dikatakan mudah, karena pada kenyataannya, pengalaman dan skil anda sangat menentukan,

Namun untuk pemula bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan, anda pun bisa sukses jika mau, namun anda harus mampu belajar dan terus mencoba sampai anda menguasai triknya.

Untuk memulai menjalani bisnis online untuk menghasilkan uang dari internet, anda bisa mengawalinya dengan mencari :

  • Group facebook yang membahas bisnis online yang ingin anda geluti
  • Forum-forum bisnis
  • dll.


Umumnya group maupun forum adalah tempat berkumpul para pecinta dunia online yang memiliki minat yang sama, anda bisa mendapatkan banyak informasi bermanfaat dan bisa banyak belajar di situs-situs tersebut.

Itulah mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan cara Menghasilkan uang dari internet tanpa modal besar dan bisa dilakukan di rumah, semoga bermanfaat.


0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.