Untuk memulai bisnis online shop sebenarnya tidaklah terlalu rumit, apalagi anda sudah punya pengalaman sebelumnya, namun untuk sebagian orang terutama yang masih pemula terjun ke bisnis online akan sedikit kesulitan bagaimana harus memulai.

Umumnya mereka terjebak dengan pemikiran bahwa berjualan online harus memiliki situs onlineshoop sendiri, harus memiliki stock sendiri dan harus memiliki modal yang cukup, padahal itu tidak sepenuhnya benar,

Dulu mungkin iya, tapi sekarang walaupun anda tidak punya modal, tidak punya stock barang dan tidak memiliki situs onlineshop sendiri, anda masih memiliki kesempatan untuk berjualan secara online, caranya yaitu dengan memanfaatkan situs-situs market place dan juga media sosial.

Bisnis online menjadi salah satu alternatif yang memiliki potensi yang cukup baik, karena anda sebagai penjual dapat memperluas pemasaran produk yang anda jual.

memulai bisnis online shop fashion pakaian baju untuk pemula


Jika dijual di toko-toko offline, pelanggan anda kemungkinan besar hanya dari satu wilayah terdekat saja, sementara jika dijual secara online maka anda bisa menjangkau konsumen seluruh dunia.

Hampir semua produk baik barang atau jasa bisa dijual secara online, salah satu produk yang sampai saat ini laku keras dipasaran online adalah produk fashion seperti pakaian dan aksesoris wanita.

Ini mungkin dipengaruhi gaya hidup dan daya beli kaum hawa, selain itu juga dipengaruhi oleh media belanja online yang semakin banyak, sehingga hanya dengan duduk-duduk dirumah mereka bisa berbelanja sesuka hati dengn memanfaatkan media online yang ada.

Cara memulai Bisnis online shop baju atau pakaian untuk pemula

Untuk anda yang berminat ingin berjualan secara online terutama berjualan produk yang berkaitan dengan fashion seperti baju atau pakaian, namun anda tidak tau bagaimana harus memulai, maka anda bisa membaca uraian yang akan dijelaskan di artikel ini.

Dengan membaca artikel ini diharapkan anda mendapatkan tambahan wawasan bagaimana cara berbisnis onlinehoop pakaian di internet.

1. Riset pasar

Riset pasar sangat penting, fungsinya adalah mencari tahu mengenai produk yang memiliki trend atau tinkat penjualan yang baik secara online namun persaingannya sedikit.

Untuk anda yang ingin berjualan pakaian atau baju secara online namun anda merasa kesulitan untuk menentukan jenis produk yang harus anda jual, maka riset pasar merupakan salah satu yang tidak boleh anda lewatkan.

Banyak cara yang bisa anda tempuh, cara paling mudah adalah dengan memantau situs-situs marketplace seperti tokopedia.com, bukalapak.com, shopiee.com dan situs marketplace populer lainnya, kemudian cari produk pakaian atau aksesoris baik pria atau wanita yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi.

Namun jika anda sudah memiliki produk, anda bisa langsung menjual produk anda secara online, apapun produk yang akan anda jual jika strategi pemasarannya tepat maka anda akan mendapatkan tingkat penjualan yang baik.

2. Menyediakan gambar berkualitas

Peranan gambar dalam berjualan pakaian secara online merupakan salah satu yang harus diperhatikan, karena dari gambarlah calon konsumen akan menilai produk yang anda jual, semakin gambar yang dsajikan bagus dan detail, maka kemungkinan besar akan meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang anda jual.

Tips dalam menyajikan gambar produk untuk jualan online adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Tata pencahayaan ketika mengambil gambar foto
Anda harus memperhatikan pencahayaan agar foto yang dihasilkan dapat terlihat dengan jelas, detail dengan pencahayaan merata.

Untuk mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang baik, tidak perlu kamera berkualtias, jika anda tau caranya kamera hp pun bisa anda gunakan.

2. Foto dengan model.
Alangkah lebih baik untuk anda yang ingin menjual produk fashion seperti pakaian, baju celana, jaket dan produk lainnya, anda bisa mengupayakan untuk menampilkan foto dengan seorang model yang mengenakan pakaian yang anda jual.

Penggunaan model saat mengambil foto produk bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Produk fashion yang terlihat begitu pas di tubuh sang model, pastinya akan membuat produk yang anda jual terlihat lebih menarik mata.

Anda tidak perlu membayar model papan atas kok, cukup dengan meminta bantuan teman ataupun saudara kamu untuk menjadi model dadakan juga bisa.

3. Pakai watermark untuk brand anda.
Jangan lupa untuk menlengkapi setiap foto dengan watermark, tujuannya agar foto yang anda gunakan tidak disalahgunakan dengan mudah oleh orang lain yang ingin menjual produk yang sama.

4. Ambil gambar dari beberapa sisi.
Jangan lupa untuk mengambil gambar produk dari beberapa sisi yang dapat menginformasikan secara visual kepada pelanggan mengenai detail produk yang anda jual.

Anda bisa mengambil gambar dari depan, belakang kiri kanan, bagian dalam jika memang perlu sehingga produk dapat terlihat dengan jelas oleh pelanggan, semakin detail sebuah foto akan meningkatkan daya tarik tersendiri kepada calon konsumen.

5. Edit foto anda 
Jika perlu anda pun bisa menyempurnakaan foto produk yang ingin anda gunakan dengan menggunakan software pengolah gambar seperti photosop dll agar foto kelihatan lebih bersih dan rapih.

3. Siapkan deskripsi produk secara detail

Selanjutnya sebelum gambar dijual secara online, anda harus menyiapkan deskripsi produk secara detail, dari mulai ketersediaan ukuran, warna, cara pemesanan, harga, kontak yang bisa dihubungi dan detail informasi lainnya.

Informasi yang disajikan secara lengkap akan memudahkan konsumen ketika berniat ingin bertransaksi dengan anda, karena pada prakteknya banyak konsumen yang bertanya hal-hal yang berkaitan dengan produk yang berniat ingin mereka beli.

4. Berjualan di media sosial.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk menjual produk anda, silahkan manfaatkan media sosial yang sedang populer saat ini, beberapa media sosial yang paling banyak digunakan untuk berjualan online diantaranya adalah facebook, twitter dan instagram.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan media sosial untuk jualan online:

  • Jangan lupa anda harus mempelajari terlebih dahulu strategi berjualan di media sosial, jangan sampai tindakan anda malah dianggap spam dan menganggu para pengguna media sosia.
  • Intinya cari target pasar yang tepat dan jangan melulu jualan, cara terbaik untuk berjualan di media sosial adalah menggunakan teknik softselling (silahkan pelajari mengenai teknik promosi softselling media sosial)
  • Anda bisa memulai berjualan dengan membuat fanspage khusus untuk berjualan produk fashion anda, mencari, bergabung dan berinteraksi dengan group-group facebook yang memiliki minat terhadap produk anda.
  • Lanjutkan dengan Promosi softselling yang dikombinasikan dengan teknik copywriting yang baik (silahkan pelajari teknik copywriting untuk jualan, karena itu akan mendukung bisnis online anda).

5. Berjualan di situs marketplace gratis

Untuk berbisnis onlineshoop saat ini anda memang tidak dituntut untuk membuat situs online sendiri, kita bisa memanfaatkan situs-situs marketplace yang sudah cukup populer saat ini, seperti tokopedia.com, bukalapak.com, shopiee.com dan situs marketplace lainnya.

Situs marketplace umumnya gratis, anda bisa membuat akun toko online disana untuk memasarkan produk anda.

Keuntungan yang akan anda dapatkan dengan memanfaatkan situs marketplace adalah, anda tidak perlu mencari calon konsumen, karena situs marketplace umumnya sudah memiliki jumlah pengguna tersendiri.

Umumnya orang akan langsung masuk ke situs marketplace ketika ingin membeli sebuah produk secara online.

Tips menggunakan situs marketplace untuk jualan online adalah sebagai berikut:

1. Gunakan gambar produk yang berkualitas dan detail.
Silahkan unggah foto produk secara detail, gunakan gambar berkualitas dari berbagai sisi, pastikan bahwa gambar produk anda paling baik jika dibandingkan dengan gambar produk pesaing anda.

2. Sajikan informasi produk secara detail 
Jangan lupa untuk menyajikan informasi produk secara online, dari mulai stock, deskripsi produk, cara pembelian, ketersediaan ukuran, warna, aturan diskon jika ada, harga dan lain sebagainya.

Semakin detail informasi yang disajikan, kemungkinan akan meningkatkan minat pembeli terhadap  produk yang anda jual. (Jika bingung membuat deskripsi produk, maka anda bisa mencontoh deskripsi dari produk-produk yang dijual di marketplace yang memiliki tingkat penjualan yang baik)

3. Sering Login dan fast response.
Satu hal yang harus diperhatikan ketika berjualan secara online di marketplace adalah, pastikan anda sering login di marketplace yang anda gunakan untuk berjualan.

Karena waktu terakhir login umumnya akan bisa dilihat oleh calon pelanggan, semakin anda sering login maka anda akan dianggap pelanggan yang aktif dan tidak main-main, dan ini bisa meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Satu lagi fast response, pastikan di hp anda sudah menginstal aplikasi versi mobile, untuk mengantisifasi pertanyaan dari calon konsumen yang tertarik dengan produk anda, sehingga anda sebisa mungkin cepat membalas chat mereka.

6. Gunakan Blog untuk Promosi

Setelah anda aktif di media sosial untuk mempromosikan produk anda, dan anda sudah memiliki toko online di marketplace yang ada, anda bisa kembali membantu mempromosikan produk anda di blog-blog yang anda kelola.

Silahkan bikin blog yang mengupas tuntas atau mereview produk yang anda jual, lalu untuk transaksi arahkan ke situs marketplace anda.

7. Jangan Lupa manfaatkan testimoni pelanggan

Testimoni pelanggan akan dapat meningkatkan reputasi bisnis anda dimata konsumen, setiap kali terjadi transaksi penjualan, minta kepada konsumen anda untuk memberikan testimoni positif, bisa berupa screen shoot chating di whatsapp, bb dan lain sebagainya.

Uploadkan testimoni di fanspage facebook anda untuk berjualan, testimoni akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon konsumen terhadap anda.

Anda juga bisa mengupload foto produk yang akan anda kirim, stock yang anda miliki, toko ofline anda jika ada dan lain sebagainya.

8. Selalu menjalin Relasi baik dengan pelanggan anda.

Pastkan anda selalu menjalin relasi dengan baik terhadap pelanggan anda, jika perlu setiap kali terjadi transaksi coba minta dan catat nomor hp dan data email mereka, ajak bergabung di group whatsapp, bb yang anda buat khusus untuk promosi.

Jangan lupa minta izin dengan sopan untuk memberikan informasi kepada mereka ketika anda memiliki produk baru yang akan anda jual.

Hubungan yang baik dengan pelanggan akan mempengaruhi tingkat penjualan produk yang kita jual.


Itulah mengenai cara Tips memulai Bisnis online shop fashion (baju atau pakaian) untuk pemula agar barang cepat laku, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.