Kita ketahui bersama bahwa di era teknologi informasi saat ini bisnis online menjadi salah satu potensi yang cukup menjanjikan, dengan strategi yang baik maka penghasilan besar pun akan mudah anda dapatkan, tidak perlu kerja kantoran, cukup duduk di depan komputer penghasian pun bisa anda dapatkan.

Salah satu strategi bisnis online yang cukup digemari saat ini adalah dengan beriklan di google adwords, media iklan yang satu ini banyak menjadi pilihan  terutama untuk para pelaku bisnis online yang mengandalkan visitor.

Dengan iklan adwords mereka tidak perlu sibuk dengan urusan SEO, karena dengan iklan adwords walaupun situs anda masih terbilang sangat baru anda tetap bisa mendatangkan banyak pengunjung yang bisa dikonversi menjadi keuntungan.

Penyebab iklan google adwords di suspen

Untuk beriklan di adword tentu tidak mudah, selain membutuhkan biaya si pengiklan juga harus mematuhi semua kebijakan google adword, jika tidak maka sudah dapat dipastikan iklan tidak akan bisa ditayangkan.

Tentunya tidaklah sulit bagaimana agar iklan sesuai dengan kebijakan google adwords, karena google pun sudah sudah menyediakan referensi yang cukup lengkap mengenai kebijakan tersebut, tapi sayangnya karena kurang hati-hati dan kurang paham terhadap kebijakan google, banyak para pemain adword yang mengalami iklan adword miliknya disuspend.

Ini Penyebab Suspend iklan google adword yang harus diwaspadai

Ada banyak sekali daftar kebijakan google adwords yang harus dipatuhi oleh pengiklan, salah satu  pelanggaran kebijakan adwords yang terkadang tidak disadari adalah karena situs yang menjadi landing page iklan google adword mengandung konten yang tidak sesuai kebijakan.

Hati-hati jika anda ingin beriklan di adwords, perhatikan situs yang dijadikan landing page, pastikan di dalamnya tidak ada satu konten pun yang menyalahi kebijakan google adwords.

Pelanggaran kebijakan adwords terkait konten situs diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Klaim menyesatkan

Pastikan bahwa di situs yang anda iklankan tidak mengandung kata-kata dengan ungkapan klaim yang menyesatkan pengguna sepertiberikut:

a. Konten cepat kaya, contoh:  Dapat 100 juta dalam 2 hari

b. Penawaran yang terlalu menjajikan atau skema kaya mendadak, contohnya :
  • Dapat memutihkan wajah hanya dalam waktu 3 hari atau 
  • Terbukti dapat menurunkan berat badan hanya dalam 2 hari dll.
  • Dapatkan penghasilan sampai jutaan rupiah per harinya!"
  • Bisnis ini sangat mudah, cukup duduk dan klik saja!"
     
c. Klaim Spesifik, contoh:
  • Turunkan 5- 10 kg!", 
  • "Hasil terbukti dalam 6 minggu penggunaan!" atau 
  • "Anda akan melihat peningkatan sampai 80%!"

Jika terdapat konten-konten seperti di atas, maka sudah dapat dipastikan iklan adwords anda akan ditangguhkan dan tidak dapat tayang karena konten tersebut tidak seusuai dengan kebijakan adwords untuk masalah user safety.

2. Terdapat Konten testimony tanpa menyertakan disclaimer

Beberapa situs bisnis online tidak jarang mencantumkan testimoni dari para pelanggannya, testimoni tersebut biasanya dihadirkan untuk meyakinkan para pengunjung situs agar tertarik untuk menjadi pelanggannya.

Namun anda harus hati-hati ketika anda mencantumkan testimoni dari para pelanggan di situs landing page google adwords, karena jika tidak situs anda bisa terkena penalty dari google adwords, agar tidak menjadi penyebab penalty pastikan setiap testimony menyertakan desclaimer.

Apa itu disclaimer ?
 "Disclaimer adalah kalimat peringatan kepada konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya. Saya menulis analisa ekonomi, seharusnya pakai disclaimer, yang mengatakan bahwa semua kerugian akibat mengikuti tulisan saya ini adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis. Jadi disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab. Isinya berinti pada pemindahkan tanggung jawab dari originator/sumber ke pemakai."

Agar tidak menyalahi kebijakan google adsense maka untuk setiap testimony, anda harus menyertakan disclaimer sebelum uraian testimoy tersebut, dengan format
* Desclimer :-------
----------------------
-----

Testimoy

 Contoh:
*Disclaimer: Sebelum menggunakan produk ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter atau ahli spesialis Anda. kami tidak bertanggung jawab atas dampak atau efek samping yang dialami oleh pelanggan pada saat menggunakan produk ini dikarenakan ketidakcocokan jenis kulit atau tubuh pelanggan.

Wow Produknya benar-benar bagus dan cocok sekali dengan kulit saya

Disclaimer harus disertakan untuk setiap testimony, jika terdapat 5 testimoni, maka disetiap testimony sebelum testimoni dicantumkan harus disertakan discalaimer.

3. Anda mengiklankan produk yang dilarang oleh google.

Penyebab yang ketiga yang kadang tidak disadari menjadi penyebab di tangguhkannya iklan adwords adalah produk yang diiklankan termasuk kedalam list produk yang dilarang oleh google adwords.

Ternyata tidak semua produk bisa diiklankan menggunakan google adwords. Google adwords memiliki list atau daftar produk yang tidak boleh diiklankan, jika produk yang anda iklankan termasuk di dalamnya, maka iklanpun tidak akan diizinkan untuk tayang.

4. Tidak menyertakan disclaimer di setiap manfaat produk

Jika situs yang anda iklankan kebetulan penjualan sebuah produk, pastikan bahwa di setiap manfaat produk anda sertakan discalimer.

Contoh:
Bermanfaat memutihkan kulit dalam waktu singkat ("disclaimer: Hasil dapat berbeda untuk setiap individu").

Bagaimana cara memperbaiki iklan yang disuspend oleh adwords

Ketika terjadi suspend pada iklan anda, maka google akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisi alasan kenapa iklan bisa ditangguhkan, untuk memperbaikinya sebaiknya lihat isi email pemberitahuan tersebut. lalu lakukan perbaikan sesuai dengan penyebabnya.

Anda bisa mengajukan review kembali setelah melakukan perbaikan, tapi ingat jangan sekali-kali melakukan pengajuan tanpa ada perbaikan, karena bisa berdampak pada di nonaktifkannya akun adword anda, sehingga anda akan sulit beriklan kembali.

Itulah beberapa Penyebab Suspend iklan google adword yang harus diwaspadai, semoga informasi diatas walaupun sedikit bisa memberikant tambahan informasi kepada anda yang kebetulan sedang beriklan dengan google adwords.

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.