Cara mudah membuat Fans Page Facebook untuk bisnis (jualan atau toko Online) - Kita ketahui bersama bahwa hadirnya facebook awalnya hanya dikenal sebagai media pertemanan secara online, namun seiring dengan waktu facebook dari hari ke hari fiturnya semakin lengkap sehingga keberadaanya bukan hanya sekedar untuk media pertemanan saja, bahkan kini facebook bisa dimanfaatkan untuk media berjualan atau promosi secara online.

Promosi atau berjualan di facebook memang cukup potensial karena kita tahu media sosial yang satu ini merupakan media sosial yang paling populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya, apalagi dukungan fitur facebook saat ini untuk dijadikan media promosi benar-benar sangat cocok, karena facebook menghadirkan fitur-fitur unik yang tidak ada di media sosial lainnya.

cara membuat facebook fanspage untuk bisnis
Salah satu fitur facebook yang dapat membantu memfasilitasi penjualan atau promosi bisnis anda adalah fanspage atau halaman. Dengan fitur fanspage tersebut pelaku bisnis baik yang memiliki toko online maupun yang tidak dapat mempromosikan secara optimal mengenai produk atau jasa yang mereka jual.

Fanspage untuk pelaku bisnis atau penjual barang sama halnya seperti sebuah toko online, anda bisa memposting produk anda dan mempromosikannya dengan mudah, bahkan fanspage kini sudah bisa dikenali oleh mesin pencari, sehingga dengan menggunakan fanspage facebook untuk berjualan, anda bisa mendapatkan calon pelanggan baik dari member facebook yang menyukai halaman fanspage anda maupun dari search enggine google, yahoo atau bing.

Alasan kenapa harus membuat fanspage facebook untuk berjualan
Sebanarnya punya situs toko online juga sudah cukup untuk berjualan, sayangnya kesempatan anda untuk mendapatkan pengunjung dan calon pelanggan akan kurang maksimal, oleh karena itu untuk memaksimalkan pengunjung anda harus mampu mendapatkan pengujung dari media sosial seperti facebook, caranya dengan membuat fanspage facebook untuk bisnis.

Kenapa harus membuat fanspage facebook ?

Anda mungkin pernah berfikir kenapa harus membuat halaman fanspage facebook untuk promosi jualan/ bisnis, bukankah kita sudah punya akun facebook pribadi, padahal gunakan saja halaman akun pribadi facebook..

Berikut beberapa manfaat menggunakan fanspage facebook untuk berjualan:

1. Anda bisa mengintegrasikan situs atau toko online anda dengan fanspage facebook anda, jadi ketika anda memposting di halaman situs toko online anda, jika mau bisa juga secara otomatis memposting ke facebook.

2. Fanspage facebook sudah bisa terindek oleh mesin pencari google.
Ini merupakan kabar baik, karena anda bisa mendapatkan pelanggan selain dari member facebook juga dari mesin pencari.

3. Bisnis anda akan mudah sekali dipromosikan.
Dengan membuat fanspage, bisnis anda akan mudah sekali dipromosikan dan dishare oleh pengikut fanspage anda.

4. Anda bisa memiliki pengikut yang takterhingga yang antusias terhadap bisnis anda.
Orang yang antusias dengan bisnis anda tinggal melakukan like maka setiap berita postingan yang dibuat di halaman tersebut akan muncul di halaman penyuka.

5. Dengan fanspage bisnis anda akan kelihatan profesional.


Cara mudah membuat Fans Page Facebook untuk bisnis (jualan atau toko Online)

Untuk memiliki halaman fanspage facebook, anda harus membuatnya terlebih dahulu secara gratis, syaratnya anda harus sudah punya akun facebook pribadi, setelah anda daftar maka anda bisa membuat halaman fanspage facebook dengan mudah untuk bisnis anda.

Untuk anda yang ingin membuat akun facebook untuk jualan maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda sudah memiliki akun facebook sebelumnya, jika belum punya silahkan buat akun facebook terlebih dahulu

2. Silahkan masuk ke halaman untuk membuat fanspage facebook, akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Untuk membuat halaman untuk jualan atau toko online silahkan pilih dan klik pada Merek atau produk,

Anda akan diminta untuk memilih kategori dan memasukan nama merek atau produk anda, seperti gambar di bawah ini:


Pilih Kategori, silahkan pilih kategori yang tepat sesuai dengan bisnis anda,

Nama merek atau produk, isi dengan nama merek dagang anda / produk anda /brand anda
  • Oh ya untuk nama merek atau produk berikan nama yang unik sesuai dengan brand yang anda gunakan dan hindari untuk memberikan nama yang mencantumkan sebuah produk misal sepatu kantor dll, karena spesifikasinya akan semakin sempit dan akan terlalu banyak pesaing
  • Gunakan 2 sampai 3 kata yang paling baik menurut anda dan pisahkan dengan spasi.

 Lalu tekan tombol memulai untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

Memilih Foto profil
Di tahap berikutnya anda akan diminta untuk memasukan gambar profil, seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Gambar profil, pilih gambar yang berkualitas baik dan memiliki rsolusi tinggi, jangan memilih gambar yang buram, hindari untuk mengunakan gambar yang diperoleh dari pencarian google, gunakan gambar sendiri

Memilih foto cover /sampul
Di langkah selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan foto cover / sampul halaman fanspage facebook anda.


Sama halnya seperti foto profil, silahkan gunakan foto anda sendiri dan jangan gambar yang anda comot dari internet, pilih gambar dengan resolusi tinggi dan jernih agar bisa menjadi daya tarik.

Setelah halaman dibuat, masukan juga about atau tentang halaman anda, silahkan jelaskan mengenai bisnis anda dengan baik menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Selain itu lengkapi juga pengaturan lainnya pada halaman anda secara lengkap dan siap untuk digunakan.

Pembuatan fanspage facebook untuk bisnis, sebaiknya dilakukan melalui komputer jangan melalui hp/smartphone agar anda lebih mudah membuatnya.

Bagaimana cara mengakses kembali halaman yang sudah dibuat ?

Ketika halaman bisnis anda sudah dibuat, aka untuk mengakses kembali halaman tersebut anda bisa menggunakan menu facebook seperti terlihat di gambar di bawah ini:


Dengan cara melakukan klik pada icon arah panah ke bawah yang letaknya di sudut kanan layar facebook anda. anda akan melihat daftar halaman facebook anda yang sudah selsai anda buat.



Tag : bisnis, Facebook

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.